Selasa, 03 Januari 2012

Sebuah Kisah Guru dan Muridnya

Hari itu aku di suruh untuk menjadi mentor Outbond kelas 12 Tridaya oleh kepala cabangku.Pak Pendi.Jabatan ini bukanlah cita-citaku dari kecil.karena cita-citaku dari kecil adalah ingin menjadi pelawak.
"pak don,bapak akan menangani 23 siswa" Pak pendi berakata padaku. Lalu Aku melihat siapa2 saja murid yang akan ku tangani.
"lalu pa don siapkan nama kelompok dari mamalia"
"siap pak"

aku tak habis pikir memikirkan nama apa yang harus aku berikan unruk kelompokku nanti.Monyet.Kingkong.Gorila.bahkan sampai cucurut aku pikirkan.tapi aku rasa tak ada yang pantas disandangkan untuk kelompok kami nanti.Bahkan aku punya ide gila untuk menamai kelompokku nanti dengan nama Ceu Nok.Ya nama manusia penjual lotek kesukaanku waktu SMP dulu.Bukankah dia juga mamalia dari golongan manusia.punya anak 5 pula.

Beberapa hari berselang aku mengumpulkan anggota kelompokku.Tak lenggkap memang.hanya setengahnya saja.Kami pun tak mengurungkan niat kami untuk berembuk bersama menamai nama kelompok kami nanti.

"Baiklah anak-anakku semua tolong saksikan bapak. Jadi nanti Outbond kita harus memiliki nama kelompok yang berasal dari nama mamalia.dan satu hal lagi pokoknya kelompok bapak mah harus edan.pokoknya rame nggak rame harus tepuk tangan. Baik ada yang punya ide?"pekik ku seperti sang proklamator.
"Kingkong gimana?" seorang siswa Raisya mengemukakan idennya.Dia adalah wanita berkawat gigi yang terlihat antusias kali itu.
"jangan" teriak Gina.Seorang siswa yang sangat manis.
"Gimana kalo Anjing anak-anak.Tapi "J"nya kita ubah dengan "Y" jadi Anying.bukan kah anjing itu mamalia juga.jadi kalo kita ditanya kolompok apa?jawab kita Anying" kataku demikian.kontan anak2 tertawa mendengar ide ku.
"jangan pak kasar teuing" larang seorang pria bernama restu.Pria soleh harapan bangsa.
Ya!aku melontarkan ide itu semata buat mencari tawa diantara mereka.mereka terdiam.tak ada ide.kering.kami memutar otak dan mencari-cari nama mamalia yang kami kenal.ku lontarken semua ide tentang nama-nama yang telah aku pikirkan jauh-jauh hari.Monyet.kingkong.gorila.Cucurut.tapi tidak untuk ceu Nok.
"Gimana kalo Ginasaurus" Rara berkata mengemukakan idenya.dia adalah seorang siswa keturunan Ciamis.Water of Sweet.
"Hahaha" Cord suara kami tertawa.tapi tidak untuk Gina.
"Gimana kalo Berit.Tapi kita tulis.BRITH.keren bukan"...aku berkata.dan mereka menyetujuinya.
Anak-anak kontan menyetujui nama itu.BRITH.sebuah nama aneh bagi kelompok kami.setelah merembukan tentang seragam yang akan kita pakai.waktu kumpul dan yang lainnya kami pun menyudahi pertemuan di hari itu.

*******
Hari yang kami tunggu-tunggupun tiba.Tanggal 27 Desember 2009.Hari dipenghujung tahun.Hari dimana kami akan beriang gembira melaksanakan Outbond Tridaya.Bagi siswa-siswaku ini adalah ajang untuk mencari kecengan.selain untuk melepas penat setelah 1 semster ini belajar. Tapi tidak bagiku.karena aku ingat umur.ingat kumis dan inget janggot.sudah tidak cocok untuk ngeceng lagi seperti zaman kuliah dulu.(uuuuuuuuuuuuu...padahal mah!!!).Kami terdiri dari 17 siswa.10 lelaki dan 7 perempuan.
Pagi itu kami menuju kesebuah tempat bernama CIC.di daerah parompong kab.Bandung barat.Tempat yang sering kusinggahi untuk kemping dan berfantasi sewaktu kuliah dulu.perjalanan kesana bisa dilewatkan dalam waktu 30 menit dari Bandung.dan 5 hari 5 malem jika dari Papua.Kala itu kelompok kami datang lebih pagi dari yang lain.setelah itu aku menyuruh mereka untuk berkumpul dan memberi pengarahan.
"inget nya kelompok kita harus gelo.Lucu nggak lucu harus tertawa.pokoknya harus kompak" Ujarku pada 17 anak yang mengikuti.
"siap Pak!"Pekik mereka dengan semangat 45.semangat untuk kelompok yang tidak memiliki yel-yel.semangat untuk kelompok yang masih ingin tidur pagi itu.
"pak yel-yelnya apa ih?"tanya ideth.Seorang siswa imut.(Bukan Item mutlak kawan).tapi imut-imut aja.
"gimana kalo yel-yelnya...Teu boga yel-yel...teu baoga yel-yel...teu boga yel-yel..."ucapku pada Laskar Rembulan.karena Laskar Pelangi sudah ada.
"iya lah...kumaha bapak we" Anak2 lelaki serempak berkat.
Setelah kami berfoto,berkumpul dan diberi pengarahan oleh panitia.kamipun menuju suatu tempat untuk melaksanakan permainan-permainan yang telah di siapkan oleh panitia.ah,ada kecerian disana kawan.tapi kulihat kelompok kami belum terlihat kompak.tapi aku yakin bakalan kompak.pasti.

sampailah kami pada acara inti.Hiking.Rute yang harus kami tempuhpun berliku.Sebenarnya aku mengetahuinya.tapi aku tak memberi tahukan pada mereka."takut sok" itu pikirku.Kami pun barjalan dan terus berjalan.jalanan licin,becek,penuh batu,berliku kami lalui dengan riang gembira.Ada semangat.ada tawa.ada canda.ada foto-foto.ada capek.Kami senang.Kami menikmatinya kawan.

Ada seoarang siswa perempuan yang sial siang itu.Namanya Rara.Siswa keturunan Ciamis.Entah makan atau tidak dia paginya.dan entah berapa tanah yang hancur olehnya.dihantam oleh tubuhnya.Dia selalu terjatuh dan terjatuh.Tapi itulah hiburan bagi kami.kami tertawa setiap kali melihannya jatuh.

"Gedebuuukkk!!!"Itu kira-kira bunyi tumbukan antara pinggul rara dengan tanah.Kasian tanah itu.Hehehehe...

Setelah melalui medan yang berat.akhirnya kami dapat menyelesaikan hiking itu dengan penuh semangat.Semangat karena ada foto.Semangat karena rara terjatuh.

Setelah Hiking kamipun melaksanakan games-games seru.Ada 4 games yang kucatat.Pertama Games oper karet gelang.dan kami menjadi juara.setelah menyelesaikan games ini kelompok kami terlihat kesetanan.begitu kompak sangat.Games kedua adalah Jalan dengan balon.Kacau.Tak ada juara.Ketiga Oper tepung. dan inilah games paling seru.karena kami bisa mendadak menjadi putih oleh tepung-tepung itu.dan ada games yang lebih seru,yakni games perang air.inilah games paling edan sepanjang masa.Kelompok kami dikepung oleh 4 kelompok lainya.ketika panitia meneriakan "Ya" kamipun di bombardir bukan main oleh kelompok lain.Kupegang satu kantong pelastik.ketika akam melempar."duuukkk" bunyi benturan dikepalaku.benturan antara kantong air dengan kepalaku yang sexy.ketika kubalikan badan ada lagi.Lagi dan lagi.kamipun kalah total.tapi seru.

Setelah melewati games2 seru itu.kamipun merkumpul diaula yang telah disediakan untuk mengikuti acara selanjutnya.arahan,temu alumni,info2 dan yang paling kami tunggu adalah pengumuman juara2.kami dududk dengan tubuh lemas.karena capek bukan main.

singkat cerita.pengumuman pemenang pun di umumkan.
"juara oper karet....."
jengjengjeng.....
"Kelompok pak yatno..."
tersentak kami kaget mendengar pengumuman itu karena seharusnya kamilah yang jadi juara.kami kecewa dengan keputusan itu.samapai kulihat anak-anak sudah memutuskan untu pulang duluan.
"pak pulang duluan" teriak mereka...
"eh janagn dulu...ada pengumuman lain"kataku dengan putus asa.

setelah mendengar pengumuman2 lain.kelompok kamipun tak disebut-sebut.dan itulah yang membuat kami kecewa bukan main.tapi ada satu pengumuman bergengsi lainnya yang belum di umumkan,yaitu juara kelompok Terkompak.Pak dinar mengangkat spiker dan berkata.

"keputusan dewan juri tidak diganggu gugat...untuk juara kelompok terkompak adalah..."""

dag dig dug..itulah bunyi suara jantung kami yang sudah tak menentu.anak-anak sudah berada diluar.karena kecewa.

"Kelompok teman saya...kelompok Pa Doniiiiiiiii"teriak pak dinar.
Bukan main senangnya mendengar hasil yang kami peroleh.menjadi kelompok terkompak dalan acara Outbond itu.kami bersuka cita atas prestasi yang diraih.Prestasi edan di penghujung tahun.

THE BRITH SQUAD....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution